bab 1. Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi

Di dalam bidang teknologi informasi, computer merupakan alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi merupakan hasil proses dari data data yang diinput. Input yang dikenal oleh computer adalah bilangan 0 dan 1 sebagai bilangan biner ( Binary Code Decimal ). Komputer merupakan kebutuhan mutlak bagi lembaga lembaga pemerintah maupun swasta, Pada awalnya, computer hanya berdiri sendiri tanpa terhubung satu dengan lainnya ( stand alone ).


1.1 Mengaktifkan dan Mematikan computer sesuai dengan Prosedur

A. Macam Port Sistem Unit ( Console )

Satu unit computer terdiri dari CPU, monitor, keybord, dan mouse. CPU merupakan system unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada computer berfungsi sebagi antarmuka antara sebuah computer dengan computer atau dengan unit ( device ) lain. Pada umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem, dan periferal lainnya. Port memiliki standar bentuk sendiri, misalnya port untuk keyboard berbentuk bulat. Berikut ini beberapa jenis port :

1. Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan

Mouse, joystick, dan modem eksternal

2. Port pararel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan

Modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel.

3. PS/2, port ini disebut dengan port serial type2 yang digunakan untuk menghubung

Kan keyboard dan mouse.Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port

Mouse berwarna hijau.

4. USB (Universal Serial Bus),port ini merupakan port multifungsi yang dapat

Digunakan pada beberapa perangkat,seperti mouse,keyboard,modem,card wireless

,dll.

B. Peralatan pendukung computer

Untuk menghidupkan dan mematikan computer,terdapat beberapa prosedur yang perlu diperhatikan. Sebelum melakukan prosedur menghidupkan dan mematikan computer,dan agar kita dapat bekerja dengan nyaman,ada beberapa peralatan-peralatan tambahan yang dibutuhkan,yaitu:

· Instalasi listrik yang baik

Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna computer.Kabel power yang digunakanuntuk computer harus benar-benar baik dan tahan terhadap panas.

· Stabilizer

Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply computer.Kita tidak mengetahui kalau tegangan listrik yang kita gunakan terkadang mengalami penurunan atau penaikan daya secara tiba-tiba,dengan menggunakan stabilizer hal tersebut dapat diantasipasi.

· Uninteruptible Power Supply (UPS)

Alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila lampu padam.UPS dapat menyimpan power sekitar 3-5 jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.

· Air Conditioner (AC)

Sebenarnya alat ini sebagai pendingan ruangan.Namun AC juga sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang berlebihan pada computer.Terutama laboratorium yang memiliki beberapa computer,perlu menggunakan AC.

C. Prosedur Untuk Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Menghidupkan dan mematikan computer adalah hal yang sangat penting agar computer dapat selalu berfungsi dengan baik. Berikut adalah prosedur menghidupkan dan mematikan computer dengan sistem operasi Windows XP.

1. Menghidupkan Komputer

· Periksa kabel power apakah sudah tersambung pada UPS dan stabilizer sebelum UPS dan stabilizer dihubungkan dengan listrik.

· Periksa keyboard, mouse, dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnya maing masing.

· Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A. Jika ada disket keluarkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan computer pertama kali booting akan membca disket pada floppy drive A.

· Tekan power pada UPS dan stabilizer, kemudian tekan power pada CPU dn monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.

· Setelah booting selesai akan tampil desktop.

2. Mematikan Komputer

· Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup.

· Klik Start pada Taskbar.

· Klik Turn Off (untuk Windows XP) / Shutdown untuk versi sebelumnya.

· Klik Turn Off.

· Tunggu sampai proses Logging off pada computer selesai.

· Kemudian, matikan computer dengan menekan tombol power yang ada pada CPU dan tombol monitor.

· Selanjutnya, matikan perangkat yang lain seperti stabilizer dan UPS.

1.2 Perangkat Lunak dalm Sistem Informasi

  1. Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Pemrosesan data yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) dan sekarang mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia). Di dalam teori, hierarki informasi disusun mulai dari pengumpulan data / fakta, pengolahan dan pengurutan data dengan proses seleksi samapai menjadi sesuatu yang berguna berupa informasi. Informsi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).

Data

Pengolahan Data

Informasi

Pengetahuan

Gambar 1.7 Hierarki Informasi

Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, yaitu :

  • Era pemula (pionir)

Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan sambungan kabel ke antarbagian dalam computer. Cara mengakses computer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan computer saat itu masih dilakukan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu.

  • Era stabil

Pada era stabil penggunaan computer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peniliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Pada era ini mulai dikenal system basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

  • Era mikro

Sejalan dengan berkembangnya informasi dan semakin luasnya jaringan computer, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dibedakan menjadi perangkat lunak system yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.

  • Era modern

Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana mana, tidak hanya pada sebuah supercomputer dengan 25 prosesor-nya, sebuah computer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya computer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, mesin cuci, AC, dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.

B. Macam-Macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software terbagi menjadi 4 macam, yaitu: system operasi (Operating System), program aplikasi (Application Programs), bahasa pemrograman (Programming Language), dan program bantu (Utility).

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi adalah program awal yang mengendalikan system kerja computer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Beberapa contoh system operasi adalah sebagai berikut.

  • IBM-DOS (IBM – Disk Operating System)
  • MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
  • Microsoft Windows
  • OS / 2
  • OS / 400
  • Linux
  • Unix
  • Sun Microsystem

Interaksi antara pengguna dan computer dikenal melalui 2 cara.

  • CUI (Character User Interface) adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah
  • GUI (Graphical User Interface) adalah pemberian instruksi dengan cara tunjuk (pointer) pada tampilan.

2. Program Aplikasi

Program aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan kebutuhan tertentu. Berdasarkan kebutuhan kebutuhan tersebut maka program aplikasi dibagi menjadi :

  • Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dokumen surat, curriculum vitae, dan karya tulis. Software word processing terbagi menjadi dua yaitu berbasis teks dan grafis. Software yang paling umum digunakan adalah yang berbasis grafis, contohnya Microsoft Word.
  • Spreadsheet adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka, contohnya: Lotus, SuperCalc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Excel.
  • Presentasi adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash. Aplikasi ini membantu kita dalam menyajikan suatu makalah lebih professional dan menarik yang dilengkapi dengan animasi teks dan gambar.
  • Database adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya dBase III+, Fox Base, Foxpro, Microsoft Access. Aplikasi ini membantu kita dalam mengatur data, misalnya data siswa, data penjualan, pembelian, persediaan barang. Contoh software database yang berbasis teks adalah dBase III+ dan software berbasis grafis adalah Microsoft Access.
  • Desktop Publishing adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafis), contohnya Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan PhotoShop. Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunia percetakan. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dan mengedit gambar, foto-foto digital, poster, brosur, leafet.
  • Multimedia adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui computer, PDA, handphone dan peralatan teknologi informasi lainnya seperti Winamp, Real Player, dan Media Player.
  • Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet, seperti Internet Explorer, MozillaFire Fox, chat dan messenger.
  • CAD (Computer aid Design) aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan, contohnya autoCAD.

3. Bahasa Pemrograman ( Programming Language)

Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming language) adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu. Ada tiga level tingkat bahasa pemrograman, yaitu:

  • Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasa ini dengan menggunakan kode angka 0 dan 1. Yang termasuk kedalam bahasa mesin ini adalah Machine Language, Assembly Language, dan RPG (Report Program Generator) yaitu program untuk mendesain laporan.

  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna computer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya adalah BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL.

  • Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) ini merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut dengan Object Oriented Programming (OOP), Software bahasa 4 GL diantaranya Visual Basic, Delphi, Visual C++.

4. Program Bantu (Utility)

Software ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan computer misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dll. Software ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor)

Norton Commander merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengopi file, membuat folder atau directory, mengganti nama file.

  • WinZip, aplikasi ini sangat berguna untuk mengkompres file. Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil, sehingga ketika akan membackup file tidak memakan ruangan memori yang besar.
  • Norton Ghost

Aplikasi ini membantu kita membackup harddisk secara keseluruhan termasuk software system operasi dan aplikasi dan membackup partisi. Dengan Norton Ghost Anda tidak perlu repot repot untuk menginstall harddisk kosong yang membutuhkan waktu lama.

  • Antivirus, merupakan software utility atau yang membantu untuk memberikan keamanan computer terhadap serangan virus. Jenis virus ada banyak diantaranya Worm, Trojan, Backdoor, dll.

C. Perangkat Lunak untuk Keamanan Komputer (Antivirus)

Untuk menigkatkan keamanan computer dari serangan virus maupun hacker diperlukan perangakat lunak, seperi antivirus dan firewall. Virus adalah sebuah program yang menyusup dan dapat berkembang biak dengan sendirinya dalam media penyimpanan computer. Virus yang menyerang computer jenisnya bervariasi baik virus local sampai jaringan. Saat ini telah banyak sekali berkembang perangkat lunak antivirus, seperti Norton AntiVirus, McAfee, Panda titanium, AVG, PC-Cillin, dsb. Dampak yang ditimbulkan oleh serangan virus adalah:

  • Menghabiskan ruang atau memori media penyimpanan,
  • Mengganggu kinerja memori sehingga aktivitas memori lambat,
  • Mempengaruhi kinerja computer secara keseluruhan,
  • Merusak file file yang terdapat dalam computer, dan
  • Merusak perangkat keras computer dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari serangan virus adalah:

  • Memberikan proteksi computer dengan antivirus

Langkah ini merupakan awal untuk memberikan perlindungan computer terhadap serangan virus, baik virus local maupun virusd jaringan.

  • Melakukan update antivirus dan databasenya

Setelah anda menginstall computer dengan antivirus, maka hal yang tidak boleh terlupakan adalah untuk selalu mengupdate database antivirus terbaru.

  • Berhati-hati terhadap file kiriman atau file hasil download

Virus dapat menyebar melalui file file, untuk itu berhati hatilah terhadap file file baru yang Anda dapatkan dari hasil download.

  • Mengetahui kondisi dan kinerja computer

Kinerja computer biasanya hanya dapat diketahui oleh pemiliknya. Anda harus dapat mengetahui keganjilan keganjilan yang terjadi terhadap computer sendiri.

  • Melakukan backup data secara rutin

Data data yang memang sangat penting sebaiknya anda backup secara rutin. Anda dapat membackup file file penting kedalam CD, Flashdisk, atau darddisk ekternal.

1.3 Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi

A. Melihat Informasi tentang Sistem Komputer

Sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai contoh system operasi Windows dan Linux. Dua system operasi ini memiliki keunggulan masing masing dan juga kekurangannya baik dari segi tampilannya, kompatibilitas terhadap setiap program aplikasi, dan cara penggunaannya. Sistem operasi yang andal adalah system operasi yang mampu memecahkan masalah masalah dalam pengelolaan informasi, dapat menyesuaikan dengan segala macam hardware dan periferal, serta menyediakan lingkungan bersahabat (user friendly). Berikut ini langkah untuk melihat tampilan informasi system computer.

  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Arahkan pointer mouse pada System Tools.
  • Klik System Information.
  • Kemudian akan tampil jendela system informasi.

Dalam tampilan jendela System Information Anda dapat segera mengetahui spesifikasi system operasi yang digunakan, prosesor yang digunakan, direktori, memori, dll.

B. Menggunakan Kalkulator

Fasilitas kalkulator yang dimiliki oleh system operasi Windows XP ini akan membantu menyelesaikan masalah dalam pengelolaan informasi, terutama masalah perhitungan. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut.

  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik Calculator.

Selain model kalkulator untuk perhitungan biasa, Windows juga memiliki fasilitas calculator scientific yang berguna untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit. Untuk mengubah tampilan menjadi kalkulator scientific, berikut uraiannya.

· Klik menu View.

· Klik Scientific.

C. Menggunakan WordPad untuk Membuat Surat Sederhana

Artikel atau makalah dalam system operasi Windows terdapat WordPad. WordPad ini merupakan paket pengolah kata yang dimiliki oleh system operasi Windows. Berikut ini langkah untuk mengaktifkan WordPad.

  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik WordPad.

Berikut ini fungsi dari beberapa menu dan ikon yang dimiliki oleh WordPad. Menu bar pada gambar menu WordPad terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, dan Help. Menu File berfungsi untuk melakukan operasi operasi file atau dokumen. Menu Edit berfungsi untuk melakukan operasi editing (perbaikan dan perubahan). Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan yang dibutuhkan oleh lembar kerja yaitu menampilkan toolbars standard, format bar, ruler, dan status bar serta opsi lainnya. Menu Insert berfungsi untuk melakukan proses penyisipan yang meliputi tanggal dan jam (date and time) dan objek lainnya baik dalam bentuk ikon maupun gambar. Menu Format berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap naskah atau teks yang diketik agar menjadi lebih bagus dan menarik. Menu Help berfungsi sebagai fasilitas bantuan yang memberikan petunjuk dalam mengoperasikan suatu perintah yang belum kita pahami.

D. Menggunakan Paint (Menggambar)

Mendesain gambar atau menggambar dapat dilakukan melalui Paint yang terdapat pada system operasi Windows. Untuk membuka Paint, berikut langkahnya.

  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik Paint.

Berikut ini langkah untuk menggambar objek lingkaran.

· Klik ikon Ellipse.

· Drag and drop pada daerah yang diinginkan sehingga membentuk lingkaran.

Untuk memberikan warna pada gambar, berikut langkahnya.

  • Klik warna yang diinginkan.
  • Klik ikon Fill with colors.
  • Klik pada daerah yang akan diwarnai.

Untuk menyimpan hasil gambar dapat dilakukan dengan cara:

· Klik menu File.

· Klik Save, kemudian akan tampil kotak dialog Save As.

· Tentukan directory tempat menyimpan data pada Save in.

· Klik Save untuk melakukan penyimpanan atau Cancel jika ingin membatalkannya.

Fungsi fungsi dari toolbox untuk mengambar adalah sebagai berikut.

  • Free Form Select, untuk memblok objek tidak beraturan.
  • Select, untuk memblok objek dengan bentuk segi empat.
  • Eraser, untuk menghapus objek atau teks.
  • Fill With Color, untuk mewarnai suatu objek.
  • Pick Color, untuk mewarnai suatu objek secara halus.
  • Magnifier, untuk memperbesar tampilan.
  • Pencil, untuk menggambar dengan ikon pencil.
  • Brush, untuk menggambar dengan seperti mengecat.
  • Airbrush, untuk mewarnai dengan cara disemprot.
  • Text, untuk membuat objek tulisan (teks).
  • Line, untuk menggambar garis.
  • Curve, untuk menggambar bentuk kurva.
  • Rectangle, untuk menggambar segi empat.
  • Polygon, untuk menggambar segi banyak.
  • Ellipse, untuk menggambar lingkaran dan elips.
  • Rounded Rectangle, untuk menggambarkan segi empat dengan sudut lengkung.

E. Memutar Film (VCD) dan Lagu (MP3)

File film atau video yang dapat ditampilkan dalam media player ini adalah yang memiliki ekstensi dat, wmv, avi, mpg, mpeg, dan file musik atau lagu mp3. Untuk mengaktifkan Windows Media Player, berikut uraiannya.

  • Klik Start pada taskbar.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Arahkan pointer mouse pada Entertainment.
  • Klik Windows Media Player.
  1. Membuka dan Memainkan File Video
    • Klik menu File.
    • Klik Open.

Pada kotak dialog Open, tentukan:

· Folder, dimana file video disimpan pada kotak Look in.

· Files of type, jenis file video yang akan ditampilkan (all types, all files, mpeg, avi, dll.)

· Klik nama file pada kotak display, misalnya Windows Movie Maker 2 Sample file.

· Klik Open.

  1. Control Media Player

Untuk mengontrol film yang sedang dimainkan oleh Windows Media Player, gunakan toolbar yang dimiliki Windows Media Player.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: