Bab 6. Aplikasi Pengolah Kata dengan Microsoft Word 2003

Aplikasi pengolah kata yang ada dalam dunia teknologi informasi sudah cukup banyak, seperti: WordStar, WordPerfect, Microsoft Word, dan OpenOffice. Aplikasi pengolah kata ini diciptakan untuk membantu pekerjaan agar menjadi lebih baik dan rapi.

6.1 Menu Ikon yang Terdapat dalam Perangkat Lunak Pengolah Kata

A. Perkembangan Perangkat Lunak Pengolah Kata

Program aplikasi (software) pengolah kata membantu kita dalam tulis menulis. Aplikasi pengolah kata yang digunakan adalah Microsoft Word release 2003 yang selanjutnya disebut dengan Word 2003. Aplikasi ini berjalan pada system operasi Windows 98, ME, 2000, NT, XP, dan 2003.

B. Keunggulan Microsoft Word

Fungsinya:

1. Membuat tabel dan perhitungannya.

2. Membuat grafik.

3. Membuat organization chart (struktur organisasi).

4. Membuat bagan, flowchart.

5. Membuat homepage berbasis GUI (Graphical User Interface).

Keunggulannya:

1. Mudah dalam pengoperasian.

2. Manajemen file yang mudah dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik.

3. Kualitas baik dan bagus dalam pencetakan.

4. WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang Anda lihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.

5. Dapar melakukan pengiriman e-mail dan faks langsung jika terhubung Internet.

6. Mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik.

7. Kemampuan menyimpan file dalam bentuk web.

C. Letak Microsoft Word

· Klik kanan pada tampilan desktop.

· Pilih New.

· Klik Shortcut.

· Pada kotak dialog Create Shortcut, ketikkan file atau program yang akan dijadikan shortcut.

· Klik Next, kemudian tampil kotak dialog Select a Title for the Program.

· Ketik judul untuk program yang akan dibuat shortnya pada kotak isian Type a name for this shortcut.

· Klik Finish, kemudian dalam tampilan desktop muncul shortcut WINWORD 2003.

D. Pengaktifan Aplikasi Microsoft Word

1. Menggunakan Ikon Microsoft Word pada All Programs

· Pastikan system operasi Windows sudah siap untuk digunakan (tampilan desktop).

· Klik menu Start pada taskbar.

· Arahkan mouse pada All Programs.

· Klik Microsoft Office Word 2003.

· Tunggu beberapa saat, kemudian akan ditampilkan lembar kerja Microsoft Word.

2. Menggunakan Jendela Run

· Klik menu Start pada taskbar.

· Klik Run.

· Ketik winword.

· Klik OK.

3. Menggunakan Shortcut pada Desktop

E. Lembar Kerja Microsoft Word

· Title bar.

· Control Window.

· Menu bar.

· Toolbar Standard.

· Toolbar Format.

· Toolbar Drawing.

· Scrollbar.

· Status bar.

· Ruler Line.

F. Menu dalam Microsoft Word

1. Menu Pull-down, adalah menu yang berbentuk tulisan di mana salah satu hurufnya terdapat garis bawah.

2. Menu Pop-up, adalah menu yang digunakan untuk menampilkan perintah tertentu secara cepat.

3. Menu Toolbar, adalah menu yang dilambangkan dalam bentuk gambar yang berfungsi sebagai perintah cepat bila dibandingkan dengan menggunakan menu pull-down.

G. Menampilkan dan Menyembunyikan Toolbar

· Klik menu View.

· Pilihlah Toolbars.

· Klik toolbar yang akan ditampilkan atau disembunyikan dengan memunculkan atau menghilangkan tanda check list.

H. Pengaturan Tampilan Menu dan Toolbar

1. Menampilkan, Menyembunyikan, dan Membuat Toolbar Baru

2. Membuat Menu

3. Mengatur Tampilan Toolbar Ikon

· Klik menu Tools.

· Klik Customize, akan tampil kotak dialog Customize.

· Klik tab Options.

· Pada bagian Personalized Menus and Toolbar, tentukan Show Standard dan Formating toolbars on two rows, Always show full menus, Show full menus after a short delay.

· Pada bagian Other, tentukan Large icons, List font names in their font, Show ScreenTips on toolbars, dan Show shortcut keys in ScreenTips.

· Klik Close.

I. Menutup Lembar Kerja Aplikasi Microsoft Word

· Klik menu File.

· Klik Exit.

· Apabila dokumen Microsoft Word Anda masih aktif, akan ditampilkan pesan “Do you want to save the changes to…”. Anda dapat menjawab Yes untuk menyimpan kembali dokumen Anda, No untuk tidak menyimpan dan tetap keluar dari aplikasi Word, dan Cancel untuk membatalkan penutupan aplikasi Microsoft Word.

6.2 Fungsi Menu Ikon yang Terdapat dalam Perangkat Lunak Pengolah Kata

  1. Pembuatan Dokumen Baru

1. Ukuran kertas (Paper Size) adalah Letter dengan ukuran 8.5 x 11’.

2. Batas atas (Top Margin) adalah 1 inci.

3. Batas bawah (Bottom Margin) adalah 1 inci.

4. Batas kiri (Left Margin) adalah 1.25 inci.

5. Batas kanan (Right Margin) adalah 1.25 inci.

  1. Menyimpan dan Menutup

· Klik menu File.

· Klik Save.

· Pada kotak dialog Save As, tentukan Save in, File name, Save as type.

· Klik Save.

Untuk menutup dokumen:

· Klik menu File.

· Klik Close.

· Apabila muncul pertanyaan “Do you want to save the changes to…”, Anda dapat menjawab “Yes” untuk menyimpan kembali, “No” untuk tidak menyimpan, dan Cancel untuk membatalkan penutupan file.

  1. Membuka File (Dokumen)

· Klik menu File.

· Klik Open.

· Pada kotak dialog Open, tentukan Look in, File name, Files of type.

· Klik Open.

  1. Pengaturan Margin, Ukuran Kertas, dan Layout

· Klik menu File.

· Klik Page Setup.

· Klik tab Margins, tentukan Margins, Orientation.

· Klik tab Paper, tentukan Paper size, Paper source, Preview.

· Klik tab Layout, tentukan Section start, Headers and footer, From edge, Page vertical alignment.

· Klik OK.

  1. Menyeleksi (Blok) Teks

1. Menyeleksi Teks Menggunakan Mouse

2. Menyeleksi Teks Seluruh Halaman dengan Menu Edit

· Klik menu Edit.

· Klik Select All.

3. Menyeleksi Teks Menggunakan Keyboard

  1. Menyalin dan Memindahkan Teks

1. Menyalin Teks

· Blok teks yang akan disalin.

· Klik menu Edit.

· Klik Copy (Ctrl+C).

· Letakkan kursor pada baris atau area yang diinginkan, untuk menempatkan hasil kopi.

· Klik menu Edit.

· Klik Paste.

2. Pemindahan Teks

· Blok teks yang akan dipindahkan.

· Klik menu Edit.

· Klik Cut (Ctrl+X).

· Letakkan kursor pada baris atau area yang diinginkan, untuk menempatkan hasil kopi.

· Klik menu Edit.

· Klik Paste.

  1. Memformat Paragraf

a. Align Left (rata kiri).

b. Center (rata tengah).

c. Align Right (rata kanan).

d. Justify (rata kiri dan kanan / normal).

e. Line Spacing (jarak antar baris).

f. Decrease Indent (mengurangi indentasi).

g. Increase Indent (menambah indentasi).

h. Paragraph special (First Line).

i. Paragraph special (Hanging).

j. Batas kiri pengetikan (Left Indent).

k. Batas kanan (Right Indent).

  1. Format Teks (Font)

1. Pengaturan Font (Huruf) dengan Menu

· Klik menu Format.

· Klik Font.

· Klik tab Font.

· Pada kotak dialog Font, tentukan Font, Font Style, Size, Font Color, Underline, Effects.

· Klik OK.

2. Pengaturan Font (Huruf) dengan Toolbar Ikon

a. Jenis huruf (Font)

b. Ukuran huruf (Font Size)

c. Cetak tebal (Bold)

d. Cetak miring (Italic)

e. Cetak garis bawah (Underline)

f. Warna huruf (Font Color)

  1. Mengubah Kondisi Huruf (Case Font)

· Blok teks yang akan diubah kondisinya.

· Klik menu Format.

· Klik Change Case.

· Pada kotak dialog Change Case, tentukan Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Title Case, tOGGLE cASE.

· Klik OK.

  1. Menyimpan Kembali File (Dokumen)

1. Menyimpan File dengan Nama dan Folder Lain

· Klik menu File.

· Klik Save As.

· Pada kotak dialog Save As, tentukan Save in, File name, dan Save as type.

· Klik Save.

2. Menyimpan File dengan Menggunakan Password

· Klik menu File.

· Klik Save As.

· Pada kotak dialog Save As, tentukan Save in, File name, dan Save as type.

· Klik Tools.

· Klik Security Options.

· Pada kotak dialog Security, tentukan Password to open, dan Password to modify.

· Klik OK, akan ditampilkan kotak konfirmasi Reenter password to open.

· Isi password kembali sesuai dengan password untuk membuka.

· Klik OK, hingga ditampilkan kotak konfirmasi Reenter password to modify.

· Isi password kembali sesuai dengan password untuk mengubah dokumen.

· Klik OK.

  1. Bullets and Numbering

1. Pembuatan Bullets dan Numbering dengan Menu Pull-Down

· Klik menu Format.

· Klik Bullets and Numbering.

· Pilih tab Bulleted atau tab Numbered.

· Klik bentuk bullets atau nomor paragraph yang diinginkan.

· Klik Customize untuk pengaturan bullets and numbering lebih lanjut.

2. Pembuatan Bullets and Numbering dengan Ikon

  1. Borders ang Shading

· Klik menu Format.

· Klik Borders and Shading.

· Klik tab Borders, kemudian tentukan settingnya.

· Tentukan style atau bentuk garis border.

· Tentukan color atau warna.

· Tentukan width atau ketebalan garisnya.

· Klik tab Shading.

· Kemudian tentukan Fill atau warna background dan Patterns-Style.

· Klik OK.

  1. Page Border

· Klik menu Format.

· Klik Borders and Shading.

· Klik tab Page Border.

· Tentukan border yang diinginkan pada bagian Setting, bentuk garis border pada bagian Style, warna garis border pada bagian Color, ketebalan garis pada bagian Width, bentuk garis dengan seni pada bagian Art.

· Pilih Apply to. Apabila Anda memilih Whole document, perintah page border akan diberlakukan untuk semua halaman .

· Klik OK.

  1. Tabulasi

1. Pembuatan Tabulasi dengan Menu Pull-down

· Klik menu Format.

· Klik Tabs.

· Tentukan Tab stop position.

· Klik tombol Set, Clear, Clear All.

· Klik OK.

2. Pembuatan Tabulasi dengan Menggunakan Mistar

· Pilih tanda perataan tabulasi yang terletak di sebelah kiri ruler line horizontal dan di sebelah atas ruler line vertical.

· Klik pada angka mistar ruler line yang diinginkan.

  1. Mail Merge

1. Pembuatan Dokumen Induk

· Klik menu Tools.

· Klik Letters and Mailings.

· Klik Mail Merge, kemudian ditampilkan kotak dialog Mail Merge pada jendela task pane disebelah kanan lembar kerja Word.

· Pilih jenis dokumen pada pertanyaan What type of document are you working on?.

· Klik Next Starting document.

· Pilih dokumen induk pada pertanyaan How do you want to set up your letters?

· Klik Next: Select recipients.

2. Pembuatan Dokumen Sumber Data (Data Source)

· Pilih Type a new list pada task pane Mail Merge – Select recipients.

· Klik Create, hingga tampil kotak isian data New Address List.

· Klik Customize untuk mengubah field yang dibutuhkan, hingga tampil kotak dialog Customize Address List.

· Klik Delete untuk menghapus field yang tidak dibutuhkan. Klik Rename untuk mengubah nama field yang ada, atau klik Add untuk menambah field baru.

· Klik OK.

· Isi informasi data tujuan.

· Klik Close.

· Tentukan direktori penyimpanan pada kotak Save in.

· Isi nama file pada kotak File name.

· Klik Save, hingga tampil data pada Mail Merge Recipients.

· Klik OK.

3. Penggabungan Dokumen Imduk (Master) dengan Sumber Data

Langkahnya:

· Letakkan kursor pada baris yang akan disisipkan field sumber data.

· Klik ikon Insert Merge Field.

· Pilih nama field yang akan disisipkan.

· Klik Insert.

· Klik Close.

4. Pengenalan Ikon Mail Merge

5. Pencetakan Dokumen Mail Merge

a. Mencetak mail merge ke dokumen baru (file baru)

· Klik ikon Merge to New Document.

· Kemudian akan tampil kotak dialog Merge to New Document.

· Pilih atau tentukan record atau data yang akan dicetak.

· Klik OK.

b. Mencetak mail merge ke printer

· Klik ikon Merge to Printer.

· Kemudian tampil kotak dialog Merge to Printer.

· Pilih atau tentukan record atau data yang akan dicetak.

· Klik OK.

· Kemudian tampil kotak dialog Print.

· Tentukan Printer Name, Page Range, dan Number of copies.

· Klik OK.

6.3 Pembuatan Dokumen Pengolah Kata dengan Variasi Tabel, Grafik, Gambar, dan Diagram

  1. Pembuatan Tabel dan Cara Pengelolaannya

1. Pembuatan Tabel dengan Menu Pull-down

· Klik menu Table.

· Arahkan pointer mouse pada Insert.

· Klik Table.

· Isi jumlah kolom yang diperlukan pada kotak Number of Columns.

· Isi jumlah baris yang diperlukan pada kotak Number of Rows.

· Klik AutoFormat untuk memilih bentuk tabel.

2. Pembuatan Tabel dengan Ikon Insert Table

· Klik ikon Insert Table.

· Blok dengan mendrag jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.

· Drop mouse, kemudian akan tampil bentuk tabel.

3. Pembuatan Tabel dengan Ikon Draw Table

· Klik ikon Tables and Borders untuk memunculkan ikon Draw Table.

· Klik ikon Draw Table.

· Buatlah bentuk kotak pada posisi yang diinginkan.

· Kemudian bagi kotak tersebut menjadi beberapa baris dan kolom.

· Klik ikon Eraser untuk menghapus garis.

4. Pengisian Sel Tabel

5. Pengaturan Lebar Kolom dan Baris Tabel

a. Pengaturan lebar kolom dengan menu

· Letakkan kursor pada kolom tabel yang akan disesuaikan lebarnya.

· Klik menu Table.

· Klik Table Properties.

· Klik tab Column.

· Pada kotak dialog Table Properties-Column, tentukan Size-Columns yang terdiri dari Preferred width dan Measure in.

· Klik Next Column untuk mengatur ukuran kolom berikutnya. Klik Previous Column untuk mengatur ukuran kolom sebelumnya.

· Klik OK.

b. Pengaturan tinggi baris dengan menu

· Letakkan kursor pada baris tabel yang akan disesuaikan lebarnya.

· Klik menu Table.

· Klik Table Properties.

· Klik tab Row.

· Pada kotak dialog Table Properties-Row, tentukan Size-Rows yang terdiri dari Specify height dan Row height is.

· Klik Next Row untuk mengatur tinggi baris berikutnya. Klik Previous Row untuk mengatur tinggi baris sebelumnya.

· Klik OK.

c. Pengaturan lebar kolom dan baris tabel dengan ruler line

d. Penyisipan kolom dan baris

Menyisipkan columns:

· Letakkan kursor pada kolom yang akan disisipkan.

· Klik menu Table.

· Arahkan pointer mouse pada Insert.

· Klik Columns to the Left.

Menyisipkan baris, caranya sama saja dengan menyisipkan kolom tapi yang terakhir klik Rows Above.

e. Menghapus kolom dan baris

Langkahnya:

· Letakkan kursor pada baris atau kolom yang akan dihapus.

· Klik menu Table.

· Arahkan pointer mouse pada Delete.

· Klik Rows untuk menghapus baris dan Columns untuk menghapus kolom.

f. Menyisipkan dan menghapus sel

Caranya:

· Letakkan kursor pada sel yang akan disisipkan.

· Klik menu Table.

· Arahkan pointer mouse pada Insert.

· Klik Cells.

· Klik Shift cells down untuk menyisipkan sel ke bawah atau Shift cells right untuk menyisipkan sel ke kanan.

Untuk menghapus sel dapat dilakukan dengan cara:

· Letakkan kursor pada sel yang akan dihapus.

· Klik menu Table.

· Arahkan pointer mouse pada Delete.

· Klik Cells.

· Klik Shift cells up untuk menghapus sel baris.

g. Menggabungkan sel (Merge Cells)

Caranya:

· Blok sel yang akan digabungkan.

· Klik menu Table.

· Klik Merge Cells.

h. Pemisahan sel (Split Cells)

Caranya:

· Letakkan kursor pada sel.

· Klik menu Table.

· Klik Split Cells.

· Tentukan jumlah angka pemisah untuk kolom pada kotak Number of Columns dan jumlah angka pemisah untuk baris pada kotak Number of rows.

· Klik OK.

i. Mengurutkan data tabel

Caranya adalah:

· Blok sel yang akan diurutkan.

· Klik menu Table.

· Klik Sort.

· Pilih Sort by dengan kolom yang akan di jadikan kunci pengurutan pertama.

· Pilih Then by dengan kolom yang akan dijadikan kunci pengurutan berikutnya.

· Klik Options.

· Klik Sort column only, jika hanya mengurutkan kolom pada kursor yang aktif.

· Klik OK.

j. Pengaturan bentuk atau format tabel dengan Table AutoFormat

Berikut langkah langkahnya:

· Letakkan kursor pada tabel yang akan diubah bentuknya.

· Klik menu Table.

· Klik Table AutoFormat.

· Pilih Category.

· Pilih Table styles.

· Klik Apply.

k. Menggunakan operasi perhitungan pada tabel

  1. Menggabungkan Dua Dokumen atau Lebih

Berikut uraiannya:

· Siapkan atau aktifkan lembar kerja baru.

· Klik menu Insert.

· Klik File.

· Pada kotak dialog Insert File, tentukan Look in, File name, Files of type.

· Klik Insert.

  1. Mencari Teks (Kata)

Berikut uraiannya:

· Klik menu Edit.

· Klik Find / tekan Ctrl+F pada keyboard secara bersamaan.

· Pada jendela Find and Replace, tentukan Find what, dan Highlight all items found in.

· Klik Find Next, hingga muncul kotak konfirmasi, atau klik Cancel untuk membatalkan pencarian.

· Klik OK.

  1. Mengganti Teks

Berikut langkahnya:

· Klik menu Edit.

· Klik Replace atau klik Ctrl+H pada keyboard.

· Pada kotak dialog Find and Replace, tentukan Find what and Replace with.

· Kemudian pilih tombol tombol Find Next, Replace, Replace All, Cancel, More.

· Setelah proses penggantian teks selesai akan muncul kotak informasi.

· Klik OK.

  1. Menuju Halaman Tertentu

Berikut uraiannya:

· Klik menu Edit.

· Klik Go To.

· Pada kotak dialog Find and Replace, tentukan Go to what, dan Enter page number.

· Klik Go To.

· Klik Close.

  1. Berpindah Halaman Baru

Berikut uraiannya:

· Klik menu Insert.

· Klik Break.

· Pada kotak dialog Break, pilih opsi Page break.

· Klik OK.

  1. Menyisipkan Nomor Halaman

Berikut uraiannya:

· Klik menu Insert.

· Klik Page Numbers.

· Pada kotak dialog Page Numbers, tentukan Position, Alignment.

· Klik tombol Format untuk menentukan format atau bentuk penomoran halaman. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog Page Number Format.

· Klik OK.

  1. Membuat Header dan Footer

Untuk membuat Header and Footer dapat dilakukan dengan cara:

· Klik menu View.

· Klik Header and Footer.

· Pada kotak Place Holder Header and Footer, Anda ketik tulisan yang diinginkan. Untuk berpindah dari header ke footer, gunakan anak panah keyboard (Arrow Key).

· Klik Close pada toolbar Header and Footer.

  1. Menampilkan ke monitor (Print Preview)

Berikut uraiannya:

· Aktifkan dokumen atau file Anda.

· Klik menu File.

· Klik Print Preview.

· Kemudian tampak tampilkan naskah. Melalui toolbar ikon Preview, Anda dapat melakukan hal hal yang berkaitan dengan Print Preview.

  1. Mencetak ke Printer

Berikut langkah untuk melakukan pencetakan:

· Aktifkan dokumen atau file yang akan dicetak.

· Klik menu File.

· Klik Print.

· Pada kotak dialog print, Anda tentukan Printer, Page Range, dan Copies.

· Klik OK.

  1. Menyisipkan Gambar

1. Menyisipkan Gambar dengan Clip Art

Berikut langkah untuk menyisipkan gambar Clip Art:

· Klik menu Insert.

· Arahkan pointer mouse pada Picture.

· Klik Clip Art.

· Kemudian pada kotak task pane akan ditampilkan menu Insert Clip Art, dan pada Other Search Options, tentukan Search in dan Result should be.

· Klik tombol Search, tunggu proses pencarian. Hasilnya akan tampak pada task pane.

· Klik panah yang muncul pada gambar yang dipilih.

· Klik Insert.

2. Menyisipkan Gambar dari file

Berikut ini langkah langkah menyisipkan gambar melalui file:

· Klik menu Insert.

· Arahkan pointer mouse pada Picture.

· Klik From File.

· Pada kotak dialog Insert Picture tentukan Look in dan Files of type.

· Pilih gambar yang diinginkan.

· Klik Insert.

3. Menyisipkan Gambar dan Bagan Organisasi (Organization Chart)

Berikut uraian membuat stuktur organisasi:

· Klik menu Insert.

· Arahkan pointer mouse pada Picture.

· Klik Organization Chart.

· Pada lembar Editing dan toolbar Organization Chart, Anda tentukan.

4. Menyisipkan Teks Indah (WordArt)

Berikut uraiannya:

· Klik menu Insert.

· Arahkan pointer mouse pada Picture.

· Klik WordArt.

· Pada kotak dialog Wordart Gallery, klik model atau style WordArt.

· Klik OK.

· Pada kotak dialog Edit WordArt Text, ketik teks pada kotak isian Text.

· Klik OK.

5. Menggunakan Toolbar Drawing

Cara untuk mengaktifkan Toolbar Drawing:

· Klik menu View.

· Arahkan pointer mouse pada Toolbars.

· Klik Drawing.

Draw : untuk memilih gambar shape.

AutoShapes : untuk memilih bentuk gambar yang terdiri dari line, chart, callout,

dan lainnya.

Line : untuk menggambar garis lurus.

Arrow : untuk menggambar anak panah.

Rectangle : untuk menggambar bentuk kotak.

Oval : untuk menggambar lingkaran atau elips.

Text Box : untuk membuat teks dalam kotak.

Insert WordArt : untuk menyisipkan WordArt.

Insert Diagram : untuk menggambar diagram/struktur organisasi.

Insert Clip Art : untuk menyisipkan gambar Clip Art.

Insert Picture : untuk menyisipkan gambar.

Fill Color : untuk memberi warna pada objek.

Line Color : untuk membuat warna pada garis.

Font Color : untuk mewarnai huruf.

Line Style : untuk mengubah model garis.

Dash Style : untuk membuat model garis putus putus.

Arrow Style : untuk membuat model anak panah.

Shadow Style : untuk membuat model bayangan.

3-D Style : untuk membuat model 3 Dimensi.

  1. Menggabungkan Gambar Shape

Berikut langkah untuk menggabungkan beberapa gambar shape:

· Blok semua gambar shape yang akan digabungkan.

· Klik kanan pada area gambar yang diblok.

· Arahkan mouse pada Grouping.

· Klik Group.

  1. Menyisipkan Karakter Khusus (Symbol)

Langkah untuk menyisipkan symbol adalah sebagai berikut:

· Klik menu Insert.

· Klik Symbol.

· Pilih tab Symbol.

· Pilih jenis font dan subset.

· Klik Insert.

· Tab Special Characters dapat Anda pilih untuk memilih karakter khusus.

  1. Penggunaan Karakter Matematika (Equation Math)

Caranya adalah:

· Klik menu Insert.

· Klik Object.

· Klik Microsoft Equation 3.0.

· Klik OK atau klik toolbar ikon Equation Editor.

· Klik pilihan pada Equation.

· Tempat mengetik rumus Equation.

  1. Penggunaan Hyperlink

Hyperlink biasa digunakan dalam internet. Langkah membuat hyperlink adalah sebagai berikut:

· Letakkan kursor atau blok pada kata yang akan dibuat hyperlink.

· Klik menu Insert.

· Klik Hyperlink.

· Tentukan direktori file yang akan dihubungkan.

· Klik nama filenya.

· Klik OK.

  1. Pembuatan Model Koran

Berikut langkah membuat model Koran dengan menggunakan menu pull-down:

· Blok naskah yang akan dibentuk model kolom.

· Klik menu Format.

· Klik Columns.

· Tentukan Presets atau dengan mengisi jumlah kolom pada kotak Number of columns.

· Klik Line between untuk memberikan garis pemisah antarkolom.

· Tentukan lebar kolom pada kotak Width and spacing.

Untuk berpindah halaman kolom dapat dilakukan dengan perintah berikut ini.

· Klik menu Insert.

· Klik Break.

· Klik Columns break.

· Klik OK.

  1. Pembuatan Drop Cap

Caranya:

· Letakkan kursor pada paragraf yang akan dibuat Drop Cap.

· Klik menu Format.

· Klik Drop Cap.

· Tentukan Position (letak Drop Cap), Lines to drop (jumlah baris), dan Distance from text (jarak baris dari teks).

· Klik OK.

  1. Grafik

Berikut ini langkah-langkah membuat grafik:

1. Membuat Grafik

· Blok data yang akan dibuatkan grafik.

· Klik menu Insert.

· Arahkan pointer mouse pada Picture.

· Klik Chart.

· Klik di luar area grafik.

2. Memperbaiki atau Memodifikasi Grafik

a. Mengubah tipe grafik

· Klik ganda pada area grafik.

· Klik menu Chart.

· Klik Chart Type.

· Klik tab Standard Types.

· Pilih tipe grafik pada kotak daftar Chart type dan subtipenya pada kotak daftar Chart sub-type.

· Klik OK.

b. Membuat atribut grafik

Berikut langkah langkah membuat atribut grafik:

· Klik ganda pada area grafik.

· Klik menu Chart.

· Klik Chart Options.

· Klik tab yang akan diatur atributnya.

· Isi kotak dialog yang diperlukan.

· Klik OK.

  1. Menggunakan Text Box

Berikut ini langkah-langkah membuat Text Box:

    • Klik Text Box pada toolbar Drawing.
    • Tekan tombol Escape pada keyboard, untuk menghilangkan kanvas.
    • Drag mouse untuk membentuk kotak pada lembar kerja Anda, kemudian lepaskan mouse Anda.
    • Klik pada area Text Box.
    • Ketik tulisan pada kotak Text Box tersebut dan sisipkan gambar.
    • Setelah selesai, klik di luar area Text Box.

6.4 Pemanfaatan Template untuk Membuat Karya

  1. Membuat Brosur
  1. Membuat Brosur dengan Template

Berikut uraiannya:

    • Klik menu File.
    • Klik New.
    • Pada task pane New Document klik General Templates.
    • Pada kotak dialog Templates, klik tab Publications.
    • Klik Brochure.
    • Klik OK.
    • Lakukan perbaikan (editing) terhadap lembar kerja Word yang terbentuk brosur.
  1. Membuat Brosur dengan Desain Sendiri

· Aktifkan lembar kerja Microsoft Word (Blank Document).

· Setting letak halaman menjadi Landscape.

· Bentuk halaman menjadi tiga kolom.

· Sisipkan gambar–gambar dan objek yang diperlukan.

· Bentuklah huruf sesuai dengan keinginan.

  1. Membuat Kalender

· Klik menu File.

· Klik New.

· Klik General Templates.

· Pada kotak dialog Templates, klik tab Other Documents.

· Klik Calendar Wizard.

· Pilih Document atau Template pada Create New.

· Klik OK.

· Pada kotak Calendar Wizard – Start, klik Next.

· Pada kotak Calendar Wizard, pilih Style (Boxes & borders, Banner, Jazzy).

· Klik Next.

· Pada kotak dialog Calendar Wizard-Direction & Picture, pilih bentuk hasil cetak calendar, Portrait atau Landscape.

· Klik Next.

· Pada kotak dialog Calendar Wizard – Date Range, tentukan:

Start – Month, Year : menentukan awal bulan dan tahun kalender.

End – Month, Year : menentukan akhir bulan dan tahun kalender.

· Klik Next.

· Klik Finish.

  1. Membuat Amplop

Berikut uraian untuk membuat amplop:

· Aktifkan menu Task Pane (klik menu View – klik Task Pane).

· Klik General Templates pada task pane New Document.

· Klik Letters & Faxes pada kotak dialog Templates.

· Klik Envelope Wizard.

· Pilih Document pada Create New.

· Klik OK.

· Pilih Create one envelope, apabila ingin membuat satu buah amplop.

· Pilih tab Envelopes pada kotak dialog Envelopes and Labels.

· Setelah Anda isi alamat tujuan dan alamat pengirim, silahkan Anda klik Add to Document.

  1. Membuat Label

Berikut uraian langkah membuat label:

    • Aktifkan menu Task Pane (klik menu View – klik Task Pane).
    • Klik General Templates pada task pane.
    • Klik Letters & Faxes pada kotak dialog Templates.
    • Klik Mailing Label Wizard.
    • Klik New Document pada Create New.
  1. Membuat Poster

Berikut ini cara membuat poster:

· Siapkan lembar kerja kosong dengan ukuran Letter – Portrait.

· Sisipkan objek Rectangle melalui AutoShapes.

· Klik tepi garis Rectangle kemudian klik Format – AutoShape. Pilih Fill Color – Fill Effects.

· Klik kanan pada tepi garis Rectangle.

· Klik Add Text.

· Sisipkan gambar yang dibutuhkan melalui toolbar Drawing atau menu.

· Sisipkan WordArt.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: